Pengertian Masyarakat Majemuk

Pengertian Masyarakat Majemuk


Masyarakat di Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, ras, dan bangsa yang memilki latar belakang yang berbeda-beda baik dari segi kultur, letak geografis, maupun sikap dari masing-masing individu. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia dikatakan masyarakat yang majemuk, Namun, masyarakat Indonesia tetap memilki satu status dan kedudukan yang sama yakni sebagai masyarakat Indonesia yang memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai warga negara Indonesia, yang dituntut untuk selalu bersatu tanpa mempedulikan berbagai perbedaan yang ada demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ada banyak pendapat tentang pengertian masyarakat majemuk, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Depdiknas tahun 2002, Masyarakat majemuk adalah masyarakat yang terbagi dalam kelompok persatuan yang sering memilki kebudayaan yang berbeda.
2. Soekanto tahun 2001, Masyarakat majemuk yaitu kemajemukan budaya, dengan kelompok etnik dan minoritas serta terpelihara identitasnya dalam suatu masyarakat.
3. Ilmu sosial, Masyarakat majemuk adalah suatu keadaan masyarakat dimana setiap kelompok kebudayaan memilki lembaga-lembaga yang berkaitan dengan setiap bidang kehidupan kecuali politik, dimana lembaga setiap kelompok kebudayaan tertentu memegang kekuasaan dalam masyarakat yang bersangkutan.
4. Konteks politik, Masyarakat majemuk adalah suatu sistem yang memungkinkan semua kepentingan dalam masyarakat besaing secara bebas untuk mempengaruhi proses politik, sehingga terhindar dari terjadinya suatu kelompok mendominasi kelompok yang lain.

Jadi, masyarakat majemuk adalah suatu keadaan masyarakat yang terdiri dari berbagai kepentingan dan kedudayaan yang berdeba-beda yang melebur dan membentuk satu kesatuan yang mempunyai tujuan dan cita-cita yang sama. Masyarakat majemuk adalah Atas dasar pengertian tersebut dibedakan atas tiga kategori yaitu :
A. Kemajemukan sturuktural, dominasi politik dipegang oleh suatu kelompok tertentu.
B. Kemajemukan sosial, suatu keadaan dimana hak dan kewajiban tersebar secara merata diantara kelompok sosial yang ada.
C. Kemajemukan budaya, seluruh warga masyarakat merupan bagian dari publik tanpa memperhatikan identifikasi yang ideal maupun yang nyata

Jika anda sedang Menbuka Google Sempatkan untuk membaca keyword yang saya konteskan Kebaya Pengantin Kebaya Pesta Baju Pengantin Pesta Modern & Tradisional By KebayaPengantinValentino.com yang sudah saya Optimasi di Tips Menemani Anak Belajar dan Ciri Ciri Pendidikan di Indonesia

Penulis : Pendidikan Masyarakat Majemuk ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengertian Masyarakat Majemuk ini dipublish oleh Pendidikan Masyarakat Majemuk pada hari Senin, 16 April 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 2 komentar: di postingan Pengertian Masyarakat Majemuk
 

2 komentar:

  1. Hore....selamat deh, Busulis sudah menjadi salah satu Guru Pak (Sesuai bidangnya di gereja dan di sekolah), sudah menjadi guru PAK yang berkualitas. Semoga Blogger ini bisa memfasilitasi jemaat, siswa, masyarakat, atau siapa saja yang diajar. Maju teyus. Makanya saya tidak salah bilang: "Ini adalah lansia yang paling Pintar yang pernah saya ajar" di kelas kita dulu.

    BalasHapus
  2. Ini nilai 2 mata Kuliah untuk Suliyatni Mahasiswa STT Nazarene, Yogyakarta:
    1.Evaluasi Pembelajaran, yaitu: nilai A+ atau dengan angka 100.

    2. PAK dalam masyarakat Majemuk, yaitu: nilai A+ atau dengan angka 100.

    Yogyakarta, 25 April 2012

    NB: Nilai mahsiswa lain, saya tulis di Bloggernya masing-masing.
    Dosen Pengampu

    Elia Tambunan, S.Th., M.Pd

    BalasHapus